Sambut Tahun Baru 2019 dengan Liburan di Kabupaten Samosir

Jum'at, 16 November 2018 - 19:51 WIB
Sambut Tahun Baru 2019 dengan Liburan di Kabupaten Samosir
Sambut Tahun Baru 2019 dengan Liburan di Kabupaten Samosir
A A A
Tahun baru 2019 sudah di depan mata. Banyak acara dan kegiatan diagendakan untuk menutup tahun 2018 ini di berbagai belahan dunia, tak terkecuali di Indonesia. Sebagai negara yang kaya akan budaya, berbagai daerahnya memiliki tradisi tersediri untuk menyambut tahun baru.

Salah satu daerah yang jadi rekomendasi untuk menikmati kemeriahan tahun baru 2019 adalah Kabupaten Samosir.Beragam tradisi diselenggarakan di sini saat menjelang tahun baru.Apa saja tradisi yang patut kamu saksikan secara langsung di Samosir saat menikmati tahun baru 2019 nanti? Berikut ulasannya!

1. Ikut Budaya Mandok Hata
Sambut Tahun Baru 2019 dengan Liburan di Kabupaten Samosir

Masyarakat Kabupaten Samosir yang terletak di Sumatera Utara memiliki tradisi unik untuk menyambut tahun baru. Ditinggali oleh mayoritas suku Batak, penduduk di Kabupaten Samosir masih memegang kuat adat dan tradisi, salah satunya budaya Mandok Hata saat pergantian tahun.

Mandok Hata yang berarti bicara, merupakan budaya turun-temurun yang dilaksanakan oleh satu keluarga besar dengan tujuan introspeksi terhadap berbagai kejadian selama satu tahun. Tak hanya itu, tradisi Mandok Hata ini juga berisi ungkapan harapan-harapan setiap anggota keluarga untuk lebih baik di tahun yang akan datang.

Pada tradisi ini, seluruh anggota harus hadir dan berbicara di hadapan keluarga besar tentang ucapan syukur, meminta maaf atas kesalahan selama satu tahun, hingga menyampaikan kekecewaan yang telah lama dipendam. Tradisi ini dimulai tepat pukul 00.00 dan selesai ketika matahari terbit.

2. Kemeriahan Pesta Kembangapi di Samosir Christmas Season
Sambut Tahun Baru 2019 dengan Liburan di Kabupaten Samosir

Tahun baru tak akan lengkap tanpa kembang api, begitu pula di Kabupaten Samosir. Setiap menjelang tahun baru, pengunjung bisa menikmati kemeriahan kembang api di pengujung acara Samosir Christmas Season yang berlangsung setelah Natal hingga malam tahun baru.

Samosir Christmas Season dilaksanakan untuk memeriahkan sekaligus merayakan suasana Natal yang damai dengan memberi hiburan kepada masyarakat Samosir. Acara ini diisi dengan berbagai perlombaan, mulai dari menyanyi, fashion show, dan yang paling khas yaitu merangkai dan menghias pohon Natal. Tak hanya itu, beberapa artis-artis Ibu Kota juga turut memeriahkan acara tahunan ini.

3. Jalan-jalan Menikmati Indahnya Danau Toba
Sambut Tahun Baru 2019 dengan Liburan di Kabupaten Samosir

Sebelum mencapai Pulau Samosir, pengunjung dapat menikmati keindahan alam di danau terbesar se-Asia Tenggara, Danau Toba. Dengan panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer, Danau Toba memiliki banyak tempat indah untuk dikunjungi, seperti Kebun Bunga Sapo Juma Tongging maupun Paropo, desa kecil di tepi Danau Toba yang sering disebut ‘Ranu Kumbolonya Sumatera’.

Untuk menikmati keindahan Danau Toba, kamu bisa menyebrang menggunakan kapal Ferry yang berangkat dari Pelabuhan Penyebrangan Ajibata hingga mencapai titik di Pulau Samosir. Tarif setiap penyebrangan menggunakan kapal Ferry sebesar Rp115.000. Jika ingin lebih murah, kamu bisa menggunakan kapal penumpang umum dengan tarif Rp5.000–Rp15.000 per orang.

4. Wisata arsitektur di Prapat
Sambut Tahun Baru 2019 dengan Liburan di Kabupaten Samosir

Perayaan tahun baru 2019 juga bisa dinikmati di kawasan Parapat dengan atraksi hiburan yang menampilkan musik-musik tradisional dan kesenian lainnya. Terletak di tepi Danau Toba, dari sini pengunjung juga dapat menikmati gemerlap dan kemeriahan pesta kembang api saat malam pergantian tahun di sekitar danau.

Setelahnya, kamu bisa berwisata keliling Prapat karena di sini banyak bangunan dengan arsitektur kuno dari zaman kolonial yang dapat membuat kamu berdecak kagum. Selain itu, gaya arsitektur bangunan di kota Parapat merupakan harmonisasi dari tiga unsur arsitektur, yaitu tradisional, modern, dan tropis. Beberapa bangunan kolonial tersebut kini dijadikan kantor instansi pemerintahan.

Itu dia berbagai kegiatan yang bisa kamu lakukan saat mengunjungi Kabupaten Samosir di liburan akhir tahun kamu. Tak hanya Samosir, masih banyak destinasi menarik lainnya untuk kamu kunjungi di Sumatera Utara. Sebagai referensi wisata kamu, aplikasi Traveloka menghadirkan rubrik “Jelajah Lebih Jauh” yang memberikan informasi banyak tempat wisata menarik di Indonesia. Yuk, cari tahu berbagai destinasi untuk libur tahun baru 2019 di sana!
(akn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4657 seconds (0.1#10.140)